BERSIH DESA MEDANI

MEDANI, tradisi bersih desa dilaksanakan hari selasa, 30 juli 2019. Acara ini dilaksanakan setahun sekali pada bulan apit dalam perhitungan jawa. Masyarakat Desa Medani sangat antusias menyambut pesta rakyat ini.

Bersih desa dikenal oleh warga medani dengan sebutan sedekah bumi atau kabumi. Sebelum acara dimulai warga Desa Medani Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati melakukan ritual doa selamatan dengan diiringi gamelan dan tayub di punden Danyang (leluhur yang mendirikan Desa Medani). Ritual tersebut merupakan ucapan terimakasih masyarakat atas panen yang melimpah ruah setiap tahunnya. Dan uniknya lagi masyarakat Desa Medani tidak makan nasi berkat selamatan di punden, akan tetapi mereka berebutan berkat nanti dikeringkan setelah itu digunakn sebagai pupuk agar tanaman padi dan palwija tumbuh subur.

Adapun acara lain yang dilaksankan masyrakat Desa Medani diantaranya adalan kirab karnafal budaya yg diikuti oleh masing – masing RT dan RW. Setiap kelompok menampilkan kesenian tradisional yang bisa menghibur warga Desa Medani maupun luar desa. Kesenian tersebut meliputi dari Kepala Desa Sutono S, Pd beseta perangkat desa mengenkan baju adat jawa diringi lagu gending jawa, mengiring jembul, memakai baju adat dari bebagi daerah, tongtek, kuda lumping, dan beraneka ragam kesenian lainnya. Kirab karnafal dilaksanakan siang hari dengan rute berjalan muter Dukuh Budilare dan finish di rumah Bapak Kepala Desa.

Dan yang lain dari desa lainnya adalah melaksankan kirab karnafal malam hari. Dari satu Kabupaten Pati yang berani hanyalah Desa Medani. Msyarakat sangat berantusias mengikuti karnafln dengan kompak membuat pesta kembang api, mainan yang unik – unik dan baju karnafal dengan berhias lampu, dangdut di atas trek dan dibawahnya kekompakan menari dengan gerakan yang sama, dan yang pokok lagi dari kesenian lainnya adalah leang leong. Leang leong sendiri bukan karena Desa Medani keturunan Thionghoa akan tetapi benda tersebut pembuka acara kirab karnfal malam hari biar penonton bisa minggir tidak menghalangi urutan karnafal yang berjalan lancar.

Dalam sambutannya Bapak Sutono S, Pd selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terimakasih atas antusias masyarakat Desa Medani sudah berpartisipasi mensukseskan acara ini. Harapan Bapak Kepala Desa warga Medani sejahtera dan makmur. Semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan