Penetapan Calon dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Medani

Medani – Pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Medani Kecamatan Cluwak sudah memasuki tahapan paling krusial. Senin (22/03/2021), Panitia pilkades Desa Medani menggelar rapat pleno terbuka penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa medani tahun 2021 di Aula Balai Desa Medani, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, empat calon Kepala Desa Medani beserta pendukung yang berjumlah 3 orang, Camat Cluwak, Paswascam, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua dan Anggota BPD Desa Medani, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan semua perangkat Desa Medani.

Seperti Pilkades tahun 2015 yang lalu, Pilkades Medani tahun 2021 kali ini diikuti 4 calon yakni Ahmad Marjuki, Heri Cahyono, Sugiarto dan Kasmijah. Keempat calon semuanya berasal dari Dukuh yang sama yakni Dukuh Budilare. Mereka berempat akan berkompetisi dalam ajang pilkades serentak bersama 219 desa yang lain di Kabupaten Pati.

Ketua panitia pilkades Bapak B. Ruyanto mengatakan bahwa “hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa, juga pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara.

Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia. Dan memberikan pengarahan kepada keempat calon mengharapkan agar pilkades Medani damai, tentram, tenang dan tidak ada permasalahan, dari awal, pelaksanaan sampai dengan pasca pelaksanaan.

Ketua seksi penjaringan dan penyaringan calon Kades, Bapak Santoso membacakan berita acara penetapan bakal calon Kades menjadi calon Kades dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut. “Mekasisme pengundian ada 2 segmen, yaitu pengocokan nomor undian dan selanjutnya pengambilan nomor undi. Untuk pengambilan nomor undi, calon bersama – sama mengambil 1 kertas. Setelah keempat calon sudah memegang kertas, Bapak Sudiro memberikan aba – aba untuk membuka secara bersama – sama”.  Dengan hasil yang tak terduga dikarenakan yang didapatkan oleh Calon Kepala Desa Medani sama dengan nomor urut ketika melaksanakan pendaftaran yaitu nomor urut satu Bapak Ahmad Marjuki, nomor urut dua Bapak Heri Cahyono, nomor urut tiga Bapak Sugiarto, dan nomor urut empat Bu Kasmijah. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penetapan nomor urut dan penandatanganan deklarasi damai. 

Camat Cluwak, Agus Purwanto, SH sambutannya mengatakan bahwa “hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa, juga pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara. Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia,” jelasnya. beliau juga berharap, panitia harus melaksanakan tahapan demi tahapan pilkades secara profesional. Sesuai dengan slogan Desa Medani  yaitu Pilkades Medani Sejuk.

  • Pembacaan Surat Keputusan Penetapan Calon kepala Desa Medani menjadi Calon Kepala Desa Medani dan Pengundian Nomor Urut

  • Pengambilan Nomor Urut Calon Kepala Desa Medani
  • Perolehan nomor urut setelah di tetapkan sebagai calon Kepala Desa Medani

  • Penandatangan Berita Acara Calon Kepala Desa Medani

  • Sambutan dari Camat Cluwak

  • Penandatanganan Deklarasi Damai

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan