SEJARAH DESA

SEJARAH DESA MEDANI

Pada zaman dahulu kala terdapat saudagar yang bernam Dhampo Awang, yang berasal dari Negeri Tiongkok yang sudah berhasil di tanah Jawa. Shaudagar Dhampo Awang ingin belajar kepada para wali di Tanah Jawa yang telah mansyur menguasai ilmu dan kesaktian.

Setelah belajar dengan Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga, Dhampo Awang ingin belajar dengan Sunan Muria. Untuk menuju menuju Sunan Muria, Dhampo Awang menggunakan kendaraan perahu. Karena jalan yang harus dilewati berupa Samudra Jawa. Setelah sampai di Sungai Gelis, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri Sungai Gelis menuju Muria. Sejak dulu kala Sungai Gelis yaitu sungai besar yang ujungnya berasal dari lereng Gunung Muria. Oleh karena itu, jika disusuri dapat sampai lereng Gunung Muria.

Pada saat itu, ketika hendak menuju lereng Gunung Muria, Saudagar Dhampang mengajak muridnya yaitu Dipo, Kerti, Dono, Dani. Ketika perjalanan menuju Muria, tak disangka kapal Shaudagar Dhampo Awang terbalik. Di dalam hati Dhampo Awang marah, lalu perahu tadi dikutuk menjadi tanggul, tanggul tersebut berbentuk seperti perahu yang terbalik. Dhampong Awang berkata bahwa tanggul tadi diberi nama “Gili Perahu”.

(Gili Perahu terletak di sebelah barat Desa Medani), juga dekat dengan Desa Medono. Setelah perahu tadi terbalik. lalu Dhampo Awang membuat perahu lagi untuk melanjutkan perjalanan lagi ke Muria. Tetapi “Dono” dan “Dani” tidak melanjutkan ke Muria, karena keduanya tidak kuat melanjutkan perjalanan¬† Dono dan Dani memilih menetap di dekatnya Gili Perahu dan Sungai Gelis.

“Dono” bertempat di sebelah barat sungai, “Dani” bertempat di sebelah barat sungai. Sebelah barat sungai, tempat menetapnya “Dono” disebut Desa “Medono”. Sedangkan sebelah timur sungai tempat menetapnya ” Dani” disebut Desa “Medani”. Sehingga “Medani” berasal dari kata “Dani”. Medani itu tempat menetapnya “Dani”. Sedangkan bekas peninggalan rumahnya “Dani” dibuat “Danen”. Mungkin makam Dani juga terletak di Danen tersebut. Danen terletak di sebelah barat daya di Desa Medani

Demikian Asal Usul nama “Medani”, semoga menambah pengetahuan.